Kadang kala pada saat instalasi windows ada proses instalasi yang gagal sebelumnya sehingga mengakibatkan setiap kita akan loading windows akan muncul permintaan pilihan untuk memakai lebih dari 1 windows xp, umumnya ada 2 pilihan. Namun yang sebenarnya terjadi adalah windows xp anda hanya ada 1 pada notebook / desktop pc tsb. Bagaimana cara untuk menghapus instalasi windows yang salah itu?

Berikut ada 1 tips yang bisa dicoba
1. Masuk ke windows explorer dan unhide semua system file, dari tool - folder option - view - pilih/centang show hidden files dan cabut centangan pada hide protected operating system , lalu masuk ke drive C dan cari boot.ini (biasanya terhidden) dan klik 2 kali untuk membuka isi file atau 
bisa dicoba dengan cara klik start - run - ketikkan C:\boot.ini

2. Sebelum mengubah file boot.ini, sebaiknya anda mem-backup dahulu file tersebut dengan nama berbeda. Bila terjadi kesalahan, anda hanya perlu mengganti file boot.ini yang salah dengan file backup boot.ini. Hapus salah satu baris di bawah [operating systems]. Baris yang dihapus merupakan instalasi windows xp yang ingin dihapus. Perhatikan bagian default. Bagian ini harus mengacu pada instalasi yang ingin dipertahankan. Simpan perubahan yang sudah dilakukan.

3. Restart pc dan lihat bedanya, jika sudah sukses masuk windows XP tanpa harus melakukan pilihan lagi, maka boot.ini backup bisa dihapus dan posisi hidden files bisa dikembalikan lagi :)

Selamat berjuang untuk anda semua, semoga sukses. Himbauan saya, sebaiknya hati-hati dalam mencoba tips ini karena apabila salah hapus baris ada kemungkinan hasil akhirnya berbeda, tidak bisa masuk windows karena kita terlanjur login ke windows yang salah/bermasalah

special thanks to: http://danigunawan.com/komputer/menghapus-instalasi-ganda-windows-xp/

0 comments:

Post a Comment

 
Top