MELBOURNE.- Sebuah robot yang dikembangkan mahasiswa Swinburne University of Technology, berhasil memecahkan rekor penyelesaian permainan rubik dalam waktu 10 detik, termasuk waktu yang dibutuhkan untuk memindai status awal teka-teki kubus tersebut.
Robot yang diberi nama Ruby ini dibuat oleh enam mahasiswa sebagai tugas akhir untuk mendapat gelar Bachelor of Engineering (Robotika dan Mekatronika) dan Bachelor of Science (Ilmu Komputer dan Rekayasa Software).
"Ruby bekerja dengan memindai setiap wajah acak kubus melalui web cam. Ia kemudian menggunakan algoritma perangkat lunak untuk mengembangkan solusi yang diumpankan ke robot berkecepatan tinggi melalui sistem kontrol real-time," kata Profesor Chris Pilgrim, Wakil Dekan Fakultas Informasi dan Teknologi Komunikasi.
"Keahlian gabungan siswa itu di dalam robotika dan rekayasa perangkat lunak memungkinkan mereka membangun robot dengan sistem pelacakan-pandangan komputer cepat dengan kemampuan gerakan presisi sangat tinggi dan tepat waktu," tambahnya seperti dilansir Physorg.com.
Pada Oktober 2010, robot Cubinator, mampu memecahkan teka-teki acak rubik dalam waktu 18,2 detik. Namun robot-robot ini belum bisa memecahkan rekor yang dipegang manusia atas nama Feliks Zemdegs yang memiliki waktu terbaik 6,24 detik dalam kejuaraan rubik di Kubaroo Open 2011
berikut video-nya:

0 comments:

Post a Comment

 
Top