Ruth Kedar adalah seorang seniman dan desainer yang merancang Logo Resmi Google dan Banyak Merek Terdaftar AS yang kemudian menjadi terkenal di seluruh dunia. Karena Google tidak memiliki uang untuk membayar seorang desainer pada awalnya, versi pertama diciptakan pada tahun 1998 oleh Sergey Brin menggunakan GIMP.

Lahir di Brasil, Ruth Kedar di Israel menerima gelar dalam Arsitektur dan pindah ke Amerika Serikat untuk menghadiri Program Magister Desain di Stanford University dan menghasilkan tesis master pada desain kartu bermain (playing cards). Ruth Kedar diperkenalkan kepada Larry Page dan Sergei Brin pada tahun 1999 di Stanford. Dia disajikan dengan beberapa ide desain awal yang mereka sukai dan ia disewa untuk mendesain logo Google.

Google ingin membuat sebuah logo yang unik yang jelas akan memisahkan mereka dari pesaing pada saat (Yahoo, Excite, HotBot, dan Lycos Looksmart), serta mewakili visi mereka yang unik dan tidak meniru raksasa non-web pada waktu itu seperti Sun dan SGI.

Versi final dari logo Google dipilih karena itu menyenangkan dan tampak sederhana. Desain itu sedikit untuk melihat hampir tidak banyak pernak pernik dan tulisan jelas terbaca. Warna-warna yang dihadirkan membawa pikiran kenangan bermain anak. Ruth Kedar halus sebenarnya versi asli dari logo Google. Dia menghapus desain tanda seru, beralih jenis huruf pada jenis font lain, mengubah G pertama dari hijau ke biru, memperhalus nuansa warna dan bayangannya, untuk menghasilkan bentuk logo yang abadi hingga waktu-waktu mendatang.

Tekstur dan bayangan masing-masing huruf dilakukan dengan cara sederhana sehingga mengangkatnya dari halaman sambil memberikan ketebal-tipisan desain yang berimbang. Ruth Kedar digunakan font yang halus canggih, tetapi dengan beberapa humor dan tidak hormat. Font yang dipilih adalah jenis Catull, yaitu sejenis huruf Serif gaya lama. Catull meminjam elemen dari alat tulis tradisional seperti pena dan pahat dengan sentuhan modern. Hal itu menjembatani antara dunia analog lama dan era digital baru.

Evolusi pada logo google:


logo Google pertama





logo Google grafis kasar









logo Google beta










logo Google akhir

0 comments:

Post a Comment

 
Top