Phyllopteryx taeniolatus / Seadragon / Common Weedy Seadragon / Naga laut, adalah ikan laut yang berhubungan dengan kuda laut. Ini adalah satu-satunya anggota genus Phyllopteryx. Naga laut biasa ditemukan dalam air 3 hingga 50 m dalam sekitar pantai utara & selatan Australia, di area sekitar Port Stephens, New South Wales dan Geraldton, Australia Barat, serta di Tasmania. Seadragons kurus diberi nama untuk gulma-seperti proyeksi pada tubuh mereka yang kamuflase mereka saat mereka bergerak di antara tempat tidur rumput laut di mana mereka biasanya ditemukan.

Seadragons kurus bisa mencapai 45 cm. Mereka memakan krustasea kecil dan zooplankton lainnya, dari tempat-tempat seperti celah-celah di karang, yang tersedot ke ujung panjang tabung seperti moncong. Mereka tidak dapat memegang ekor sendiri meskipun ia memiliki ekir dgn kait dan jangkar sendiri. Phyllopteryx taeniolatus berenang di terumbu dangkal dan tempat tidur gulma, dan menyerupai gulma melayang ketika bergerak di atas pasir yang telanjang. Seadragons, kuda laut dan pipefish adalah spesies hanya dikenal di mana laki-laki membawa telur.

Laki-laki dari spesies membawa telur yang telah dibuahi, dibawa di bawah ekornya, di mana mereka diinkubasi selama sekitar delapan minggu. Para naga laut muda yang telah lahir, mulai makan segera setelah perkawinan. Penangkaran jarang terjadi karena peneliti belum memahami apa faktor biologis atau lingkungan memicu mereka untuk bereproduksi; di dalam penangkaran angka kelangsungan hidup untuk Seadragons Weedy adalah sekitar 60%.

Naga laut mempunyai 2 jenis yang umum ditemukan yaitu Weedy Seadragon (naga laut biasa) dan 1 lagi yang belum umum adalah Seadragon berdaun (Leafy Seadragon), Phycodurus eques yang ialah ikan laut dalam keluarga Syngnathidae, yang juga termasuk kuda laut. Ini adalah satu-satunya anggota genus Phycodurus. Naga laut berdaun ditemukan di sepanjang pantai selatan dan barat Australia. Nama ini berasal dari penampilan, dengan panjang daun seperti tonjolan di sekujur tubuhnya yang hanya berfungsi sebagai kamuflase. Naga laut berdaun mendorong dirinya sendiri melalui sirip dada di punggung leher dan sirip dorsal di punggungnya lebih dekat ke ujung ekor. Penampilannya dengan sirip-sirip kecil hampir sepenuhnya transparan dan sulit untuk dilihat secara kasat mata karena mereka terlihat berombak seakan tampak seperti rumput laut yang mengambang.

Dalam edisi November 2006 majalah National Geographic, ahli biologi kelautan Greg Rouse dilaporkan sebagai menyelidiki variasi DNA dari dua spesies Seadragon di rentang mereka.

Aquarium dari Pasifik di Long Beach, California dan Aquarium Tennessee di Chattanooga, Tennessee di Amerika Serikat, dan Aquarium Melbourne di Melbourne di Australia adalah beberapa fasilitas di dunia yang telah berhasil menangkarkan Naga laut.

Para Seadragon Weedy juga dipakai sebagai lambang laut Negara Bagian Victoria Australia.

0 comments:

Post a Comment

 
Top